Install SARG untuk Monitoring Squid di Debian Lenny - Organisasi Radio Wifi Kuningan (ORWIN) | Situs Tutorial Mikrotik Dan Proxy | Indonesia
News Update
Loading...

Tuesday, May 22, 2012

Install SARG untuk Monitoring Squid di Debian Lenny

Install SARG untuk Monitoring Squid di Debian Lenny - Setelah tiga hari tidak bisa online karena harus persiapan untuk ujikom kini saya bisa lagi mengisi website ini dengan artikel yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda. Kali ini saya akan membahas mengenai proxy di debian lenny atau sering disebut debian 5. Install squid memang cukup mudah, akan tetapi akan lebih menarik jika kita dapat memonitoringnya atau memantaunya dengan sistem yang berbasis GUI yaitu SARG.
SARG adalah kependekan dari Squid Analystis Report Generator merupakan suatu software berbasis webbase yang dapat berfungsi sebagai alternatif untuk mengecek kinerja proxy server anda yang menggunakan squid. Mungkin anda biasanya menggunakan:
1
tail -f /var/log/squid/access.log
Dengan script diatas anda bisa mengecek aktifitas client, akan tetapi tampilannya biasa saja dan tidak rapi. Dengan SARG anda bisa melihat hasil report melalui web browser anda langsung tanpa repot mengetikkan script diatas.
Cara Install SARG
Cara install sarg cukup mudah di debian lenny karena tidak perlu konfigurasi, caranya yaitu:
1
# apt-get install sarg
Setelah terinstall dengan baik silakan browsing ke http://ip_anda/squid-reports
Tampilannya sebagai berikut:
sarg debian
Ini merupakan tampilan depan sarg, disini terlihat file setiap periode (tanggal).

Setelah masuk ke periode maka kita akan melihat list dari user yang telah menggunakan proxy kita.

Ini merupakan tampilan pokok dari sarg, yaitu tampilan situs yang telah dikunjungi oleh client dan disini terlihat ada 2 situs yang di blok oleh squid bisa langsung terdeteksi (Denied).

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done