Tutorial Menginstall Ubuntu 10.04 LTS Desktop | ORWIN KUNINGAN

Posted by Organisasi Radio Wifi Kuningan (ORWIN) | Situs Tutorial Mikrotik Dan Proxy | Indonesia


Dalam postingan kali ini akan melampirkan tata cara menginstall Ubuntu 10.04 LTS Desktop, yang mana dapat berguna bagi sobat-sobat untuk mengenal tentang ubuntu yang pada saat ini sangat awam dalam masyarakat khususnya bagi orang yang tidak mengenal apa itu ubuntu atau sejenis lainnya. Ok langsung saja kita ke tujuan.


Sebelum memulai menginstall ubuntu peralatan - peralatan yang harus kita persiapkan yaitu harus memiliki CD OS ubuntu itu sendiri, dan untuk mendapatkan OS Ubuntu anda dapat mendownload pada link ini.
Kemudian copy atau burning dengan menggunakan Nero, sehingga menjadi format CDimage. Setelah selesai proses pengcopyan ke CD maka masukkan Cd OS Ubuntu tersebut kedalam CD-Room dan Restart komputer anda.
Tapi sebelumnya buat Boot pertama menjadi CD-Room pada BIOS komputer anda.

Setelah komputer Restart dengan booting ke CD-room maka akan keluar tampilan awal installation Ubuntu seperti gambar dibawah ini:


Kemudian tunggu sampai proses selanjutnya muncul, yaitu Menu Wellcome dimana anda harus mengklik "English" kemudian klik "Forward".


Kemudian akan muncul menu Region serta Time Zone, Cari Region serta Time Zone sesuai dimana anda berada, seperti gambar dibawah ini, berhubung saya Rakyat indonesia saya memberi Region menjadi "Asian" dan Time Zone nya "Indonesia (Jakarta)", Lalu klik "Forward".


Dan pada "Keyboard layout", anda bisa memilih "Suggested option" atau "Choose Your Own" lalu klik "Forward".


Kemudian akan muncul menu "Prepare disk space", untuk membuat partisi baru maka anda dapat memilih yang paling bawah yaitu dengan memberi centang pada "Specify partition manually (advanced)", lalu klik "Forward"


Kemudian akan muncul menu untuk mendelete serta membuat partisi, hapus semua partisi yang ada kemudian klik "add" untuk membuat partisi baru dan pada
Type for the new partition pilih : Primary
New partition size in megabytes (1000000 bytes) : 10000
Location for the new partition : Beginning
Use as : Ext2 file system
Mount point : / (sama juga dengan Root) lalu klik "OK" klau kurang jelas bisa dilihat pada gambar ini.


Kemudian buat lagi partition untuk "swap area" yaitu dengan mengklik "add" lalu pada :
Type for the new partition pilih : Logical
New partition size in megabytes (1000000 bytes) : 2000 (disini saya hanya memberi 2 GB aja untuk swap areanya)
Location for the new partition : Beginning
Use as : swap area
Mount point : kosong rinciannya lihat gambar dibawah ini


Kemudian yang terakhir yaitu membuat partisi untuk "Home" dan ini sekiranya berkafasitas lebih besar karena berfungsi untuk penyimpanan data-data anda nantinya
Type for the new partition pilih : Logical
New partition size in megabytes (1000000 bytes) : 70348 (perlu kafasitas besar untuk penyimpanan data-data anda).
Location for the new partition : Beginning
Use as : Ext2 file system
Mount point : /home lalu klik "OK" jika kurang jelas anda bisa lihat gambar dibawah ini.


Dan Klik "Forwar" Maka akan terlihat hasil dari beberapa partisi yang telah anda buat seperti dibawah ini.


Kemudian klik "forward" untuk melanjutkan proses intallasi Ubuntu 10.04 desktop sehingga akan muncul menu untuk perifikasi user log in atau account serta password loggin ke desktop ubuntu seperti gambar dibawah ini.


Kemudian klik "Forward" untuk melanjutkan proses intallasi sehingga tampil menu "Ready to install" lalu klik "Intall" untuk melanjutkan proses seperti gambar ini.


Proses intallasi dapat kita lihat seperti gambar ini.


Sehingga proses intallasi Ubuntu 10.04 desktop selesai seperti gambar dibawah ini sampai system meminta untuk merestart PC anda dan klik "Restart now" seperti gambar dibawah ini,

G+

Jika Anda Ingin No Handphone dan Pin BB Tante, Silahkan klik disini Kami kirim gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman No handphone dan Pin BB Tante Girang Organisasi Radio Wifi Kuningan (ORWIN) | Situs Tutorial Mikrotik Dan Proxy | Indonesia

Related Post



Post a Comment