Apa Itu Mikrotik? Pengertian Mikrotik & Penjelasannya - Organisasi Radio Wifi Kuningan (ORWIN) | Situs Tutorial Mikrotik Dan Proxy | Indonesia
News Update
Loading...

Thursday, May 16, 2019

Apa Itu Mikrotik? Pengertian Mikrotik & Penjelasannya

Apa itu Mikrotik? Pengertian Mikrotik & Penjelasannya - Mikrotik adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (Software) yang berafiliasi dengan sistem jaringan komputer yang berkantor sentra di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Mikrotik didirikan pada tahun 1995 untuk membuatkan router dan sistem ISP (Internet Service Provider) nirkabel.


Mikrotik dibentuk oleh MikroTikls sebuah perusahaan di kota Riga, Latvia. Latvia yaitu sebuah negara yang merupakan “pecahan” dari negara Uni Soviet dulunya atau Rusia kini ini. Mikrotik awalnya ditujukan untuk perusahaan jasa layanan Internet (PJI) atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani pelanggannya memakai teknologi nirkabel atau wireless. Saat ini MikroTikls memperlihatkan layanan kepada banyak ISP nirkabel untuk layanan jalan masuk Internet dibanyak negara di dunia dan juga sangat terkenal di Indonesia. MikroTik kini menyediakan hardware dan software untuk konektivitas internet di sebagian besar negara di seluruh dunia. Produk hardware unggulan Mikrotik berupa Router, Switch, Antena, dan perangkat pendukung lainnya. Sedangkan produk Software unggulan Mikrotik yaitu MikroTik RouterOS.

MikroTik RouterOS

MikroTik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang sanggup dipakai untuk mengakibatkan komputer manjadi router network yang handal, meliputi banyak sekali fitur yang dibentuk untuk ip network dan jaringan wireless, cocok dipakai oleh ISP dan provider hotspot. Untuk instalasi Mikrotik tidak diharapkan piranti lunak perhiasan atau komponen perhiasan lain. Mikrotik didesain untuk gampang dipakai dan sangat baik dipakai untuk keperluan manajemen jaringan komputer ibarat merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil sampai yang kompleks sekalipun.

Mikrotik RouterBoard



RouterBoard adalah router embedded produk dari mikrotik. Routerboard ibarat sebuah pc mini yang terintegrasi alasannya yaitu dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard memakai os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server.

Ada beberapa seri routerboard yang juga bisa berfungsi sebagai wifi. sebagai wifi access point, bridge, wds ataupun sebagai wifi client. ibarat seri RB411, RB433, RB600. dan sebagian besar ISP wireless memakai routerboard untuk menjalankan fungsi wirelessnya baik sebagai ap ataupun client. Dengan routerboard Anda bisa menjalankan fungsi sebuah router tanpa tergantung pada PC lagi. alasannya yaitu semua fungsi pada router sudah ada dalam routerboard. Jika dibandingkan dengan pc yang diinstal routerOS, routerboard ukurannya lebih kecil, lebih kompak dan ekonomis listrik alasannya yaitu hanya memakai adaptor. untuk dipakai di jaringan wifi bisa dipasang diatas tower dan memakai PoE sebagai sumber arusnya.

Mikrotik pada standar perangkat keras berbasiskan Personal Computer (PC) dikenal dengan kestabilan, kualitas kontrol dan fleksibilitas untuk banyak sekali jenis paket data dan penanganan proses rute atau lebih dikenal dengan istilah routing. Mikrotik yang dibentuk sebagai router berbasiskan PC banyak bermanfaat untuk sebuah ISP yang ingin menjalankan beberapa aplikasi mulai dari hal yang paling ringan sampai tingkat lanjut. Contoh aplikasi yang sanggup diterapkan dengan adanya Mikrotik selain routing yaitu aplikasi kapasitas jalan masuk (bandwidth) manajemen, firewall, wireless access point (WiFi), backhaul link, sistem hotspot, Virtual Private Netword (VPN) server dan masih banyak lainnya.

Sistem Level Lisensi Mikrotik 
Mikrotik bukanlah perangkat lunak yang gratis kalau anda ingin memanfaatkannya secara penuh, diharapkan lisensi dari MikroTikls untuk sanggup menggunakanya alias berbayar. Mikrotik dikenal dengan istilah Level pada lisensinya. Tersedia mulai dari Level 0 lalu 1, 3 sampai 6, untuk Level 1 yaitu versi Demo Mikrotik sanggup dipakai secara gratis dengan fungsi-fungsi yang sangat terbatas. Tentunya setiap level memilki kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan harganya, Level 6 yaitu level tertinggi dengan fungsi yang paling lengkap. Secara singkat sanggup digambarkan jelaskan sebagai berikut:
  • Level 0 (gratis); tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam sesudah instalasi dilakukan.
  • Level 1 (demo); pada level ini kau sanggup menggunakannya sbg fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak mempunyai limitasi waktu untuk menggunakannya.
  • Level 3; sudah meliputi level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien.
  • Level 4; sudah meliputi level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe jalan masuk poin.
  • Level 5; meliputi level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.
  • Level 6; meliputi semua level dan tidak mempunyai limitasi apapun.
Demikianlah beberapa gosip perihal Apa itu Mikrotik? Pengertian Mikrotik & Penjelasannya. Jika teman-teman masih belum paham perihal apa itu Mikrotik alasannya yaitu gres berguru dan tau Mikrotik, saya rekomendasikan untuk menyaksikan Video Tutorial Mikrotik perihal Apa Itu Mikrotik berikut ini.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done