Tutorial Cara Install Mikrotik Dengan Netinstall - Organisasi Radio Wifi Kuningan (ORWIN) | Situs Tutorial Mikrotik Dan Proxy | Indonesia
News Update
Loading...

Thursday, May 16, 2019

Tutorial Cara Install Mikrotik Dengan Netinstall

Tutorial Cara Install Mikrotik dengan Netinstall - Instalasi Mikrotik sanggup dilakukan dengan beberapa macam cara. Sebelumnya juga sudah pernah dibahas perihal apa saja cara install mikrotik di artikel ini : Tutorial Cara Instalasi Mikrotik RouterOS. Salah satu cara install Mikrotik yaitu dengan Netinstall.

Berdasarkan sumber dari wiki Mikrotik, Netinstall ialah jadwal yang berjalan pada komputer Windows yang memungkinkan Anda untuk menginstal MikroTik RouterOS ke PC atau ke RouterBoard melalui jaringan Ethernet. Netinstall juga dipakai untuk menginstal ulang RouterOS dalam kasus di mana instalasi sebelumnya gagal, menjadi rusak atau password jalan masuk hilang.

Perangkat Anda harus mendukung boot dari ethernet, dan harus ada link ethernet eksklusif dari komputer netinstall ke perangkat target. Semua RouterBOARD proteksi untuk PXE boot jaringan, harus diaktifkan baik di dalam sajian RouterOS "Routerboard" jikalau RouterOS yang beroperasi, atau dalam pengaturan bootloader. Untuk ini, Anda akan membutuhkan kabel serial.

Catatan: Untuk perangkat RouterBOARD tanpa port serial, dan tidak ada jalan masuk RouterOS, tombol reset juga sanggup memulai modus PXE boot. Lihat RouterBOARD petunjuk PDF untuk rincian. Misalnya RB750 PDF Netinstall juga sanggup eksklusif menginstal RouterOS pada disk (USB / CF / IDE / SATA) yang terhubung ke mesin Windows netinstall. Setelah instalasi hanya memindahkan disk untuk mesin Router dan boot dari itu.

Nah,  jadi pada dasarnya Netinstall sanggup dipakai untuk mereset password Mikrotik ketika kita lupa password mikrotik nya dan juga ketika terjadi kegagalan sistem pada proses instalasi sebelumnya. Lalu kenapa harus memakai Netinstall? Kenapa tidak eksklusif upgrade saja terus di reset?

Berikut perbedaan Netinstall dan Upgrade :


Proses formatting drive terjadi di netinstall tapi tidak terjadi di upgrade. Terus apa pengaruhnya? Kita tahu bahwa mikrotik menyediakan memory yang kecil dan ketika proses upgrade, ada sebagian data yang mungkin tidak kita pakai namun tetap mengambil daerah disana. Dengan NetInstall, pertama di bersihkan seluruh area penyimpanan dengan memformat drive sehabis itu gres dimasukkan sistemnya.

Oke sudah terperinci kan ya apa itu Netisntall. Sekarang eksklusif saja kita coba cara install mikrotik dengan netinstall.

Bagaimana cara melaksanakan NetInstall?


Perlengkapan :
1. Software NetInstall (download dari http://mikrotik.com/download)
2. Kabel UTP
3. File software mikrotik sesuai dengan jenisnya : x86, mpsbe, mipsle, mipsle, dll. (download dari http://mikrotik.com/download)

Dibeberapa literasi harus ada kabel serial, namun saya telah mencoba tanpa kabel serial dan berhasil. Fungsi kabel serial ini nantinya ialah untuk merubah alur booting dari device yang secara default booting dari disk internal menjadi boot dari network.
  1. Download jadwal Netinstall dari halaman http://www.mikrotik.com/download
  2. Download combined package routerOS dari halaman http://www.mikrotik.com/download, sesuaikan dengan tipe router anda dan versi yang ingin anda gunakan. Jika Anda memakai RB750 silakan pilih tipe MIPSBE.
  3. Gunakan Kabel UTP untuk menghubungkan PC dengan Mikrotik via Ethernet. 
  4. Setting interface Ethernet PC anda memakai IP statik. (misalnya: IP 192.168.0.1 netmask 255.255.255.0).
  5. Jalankan jadwal Netinstall dan tekan tombol Net booting, kemudian anda aktifkan / centang Boot Server enabled, kemudian isikan Client IP address dengan IP yang satu subnet dengan IP statik PC anda (misalnya : 192.168.0.2) dan tekan tombol OK. 
  6. Cabut power adaptor Mikrotik RouterBoard Anda
  7. Tekan tombol reset kecil yang ada di Mikrotik RouterBoard Anda dan tahan.
  8. Sambil tetap ditahan, Anda nyalakan power adaptornya
  9. Tunggu beberapa saat, nanti di jadwal Netinstall anda akan muncul tipe dan mac-address dari RouterBoard Mikrotik Anda.
  10. Lepaskan tombol reset, kemudian anda tekan mac-address router anda di jadwal Netinstall dan pilih paket yang akan anda gunakan untuk instalasi (tercentang)
  11. Tekan tombol browse kemudian pilih folder dimana anda menyimpan file *.npk yang sudah anda download di langkah ke-2. dalam kasus ini alasannya ialah yang akan saya net install ialah untuk jenis RB750 series maka packet yang dipakai ialah mipsbe.
  12. Tekan tombol install, nanti proses instalasi akan ditampilkan di jadwal Netinstall.
  13. Jika proses instalasi sudah selesai, RouterBoard Mikrotik akan melaksanakan reboot secara otomatis. 
  14. Setelah semua proses akibat silakan buka winbox dan login ke Mikrotik untuk melaksanakan konfigurasi.
Catatan :
  1. Jangan terlalu memaksa/kuat untuk menekan tombol reset alasannya ialah sanggup menjadikan tombol reset rusak. Jika router anda mempunyai port serial, kami sarankan anda gunakan kabel serial untuk merubah boot-device ke port ethernet
  2. Proses Instalasi memakai netinstall akan menghapus semua konfigurasi router anda, sehingga default username=admin, password=(kosong tidak perlu diisi). Oleh alasannya ialah itu saya sarankan untuk melaksanakan backup semua file dan konfigurasi pada Mikrotik. 
Jika Masih kurang jelas, silakan lihat video tutorial mikrotik Cara Memperbaiki Mikrotik Menggunakan Netinstall :
Cara Memperbaiki Mikrotik Menggunakan Netinstall

Tutorial Cara Install Mikrotik dengan Netinstall Tutorial Cara Install Mikrotik dengan Netinstall

Demikianlah Tutorial Cara Install Mikrotik dengan Netinstall yang diambil dari banyak sekali macam sumber referensi. Semoga artikel ini bermanfaat :) Selamat belajar mikrotik ;)

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done